Simak 4 Tips Beli Rumah Pertama buat Milenial

Category :

Sobat harus pastikanrumah seperti apa sih yang Sobat dan pasangan impikan. Nah, dari sini Sobat bisa memperhitungkan dan menyesuaikan cara menabung yangpaling sesuai dengan kondisi keuangan Sobat. Apakah rumah untuk ditinggali sendiri, disewakan untuk mendapatkan passive income, investasi jangka panjang, atau rumah untuk warisan ke anak. Tujuan pembelian rumah akan membantu Anda menemukan rumah yang tepat, mulai dari segi lokasi, desain, fasilitas, hingga spesifikasi rumah. Bagi kamu yang sudah menentukan hunian impian dan akan membeli rumah dengan skema KPR, hindari membayar uang muka sebelum KPR disetujui bank.

Sebelum membelinya, ketahui keadaan Sertifikat Hak Milik dan Izin Mendirikan Bangunan. Pastikan kamu melakukan transaksi hanya jika kedua dokumen penting ini ada. Hal ini akan berbanding terbalik jika DP yang kamu bayar adalah sedikit. Cipass Residence , cicilan per bulannya bertambah banyak, atau jangka pembayarannya diperpanjang. Kamu bisa menyesuaikan ini sesuai dengan pengeluaran dan pendapatan bersih tiap bulan. Setelah itu, pertimbangan selanjutnya adalah lokasi dari tempat kerja, sekolah anak, dan fasilitas pendukung lain seperti pasar, SPBU, supermarket, taman kota, dan lainnya.

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu sudah membaca dengan rinci penawaran-penawaran yang berlaku. Bagi pengguna transportasi umum pun tidak perlu khawatir, di dekat kawasan perumahan Metland Transyogi Cibubur terdapat Terminal Cileungsi yang dapat mengakomodasi perjalanan Anda. Berbicara mengenai rumah pertama buat milenial, tidak ada salahnya bila Anda melirik unit rumah di Metland Transyogi Cibubur. Merupakan kawasan Residential Prestisius berkonsep Humanis Green Environment di Cibubur. Hal tersebut supaya terasa lebih ringan saat mencicil setiap bulannya.

Buat detikers yang punya permasalahan seputar rumah, tanah atau properti lain. Baik itu berkaitan dengan hukum, konstruksi, pembiayaan dan lainnya, tim detikProperti bisa bantu cari solusinya. Kirim pertanyaan kamu via email ke dengan subject ‘Tanya detikProperti’, nanti pertanyaan akan dijawab oleh pakar.

Akhirnya, pemilik merasa dirugikan karena harga sewa yang lebih murah dari pasaran. Negosiasi memang penting karena dapat memengaruhi kepuasan pemilik dan penyewa. Jangan sungkan untuk menawar, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk rumah idaman. Pastikan developer sudah terdaftar dalam asosiasi pengembang rumah yang dilindungi hukum. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir akan jalannya pembangunan rumah Anda. Karenanya, kamu harus bertanya ke pihak developer tentang kepemilikan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Bangunan dengan material yang baik dan berkualitas akan membuat rumahmu jauh lebih nyaman dan merasa aman. Di samping itu, calon pembeli harus mengetahui situasi lingkungan sekitar, seperti lingkungan yang bersih, akses jalan, dan fasilitas umum lainnya. Umumnya, pihak bank akan menetapkan syarat cicilan itu 30-40% dari gaji. Adapun besaran suku bungan juga sesuai dengan masa tenor KPR yang dipilih. Pembeli juga bisa menggunakan skema pembayaran cicilan ke developer tanpa melibatkan pihak bank atau skema kredit in house.

Jadi, kamu harus baca dokumen dan surat-surat dari bank atau developer dengan cermat. Selain menyiapkan dana untuk pembelian rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan dana untuk perabotan. Perabotan primer seperti perabot kamar mandi, kamar tidur, dan dapur perlu menjadi prioritas agar rumah dapat segera ditempati dengan nyaman. Sebenarnya, pertimbangan membeli rumah merupakan hal mendasar yang perlu Anda pikirkan secara matang.

Saat menggunakan KPR, kamu akan memiliki cicilan setiap bulannya untuk beberapa tahun sesuai tenor yang kamu pilih. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan kondisi keuanganmu dan menghitung pengeluaran bulanan yang akan kamu hadapi. Nah, bagi Anda para milenial yang saat ini berencana untuk membeli rumah pertama, berikut ini adalah 4 tips yang bisa dilakukan. Pastikan juga jika rumah yang akan kamu beli terletak di tempat yang strategis, dekat jalan raya, Mall, RS, dan tempat ibadah. Kamu juga harus mencari tahu berapa pasaran harga tanah di daerah sekitar, sebelum langsung percaya dengan penjual dan menyerahkan uang DP.

Selain itu, Anda juga bisa mencari rumah yang dijual melalui agen properti, baik secara offline atau online (Pashouses sendiri memiliki ratusan rumah siap huni di Jabodetabek). Jika Anda mengajukan KPR atau mengambil pinjaman untuk membeli rumah kedua, pastikan Anda memperhitungkan kemampuan membayar cicilan. Perhatikan suku bunga dan kalkulasikan dengan harga rumah di masa mendatang mengingat suku bunga berubah setiap tahunnya. Sebaiknya keputusan mengambil rumah kedua dilakukan saat kondisi keuangan sehat, tidak ada utang, dan cicilan rumah pertama telah lunas jika mengambil KPR. Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya ada yang perlu diperhatikan konsumen dalam mengenali perbedaan perbedaan developerasli dengan developer bodong. Pandemi Covid-19 yang melanda menjadikan tahun 2020 cukup menantang bagi kita semua.

Tentu ada alasan mengapa anak muda di zaman sekarang belum mampu memiliki rumah. Apa saja alasan tersebut dan bagaimana tips yang efektif untuk memiliki rumah pertama bagi generasi milenial dan gen Z? Poin plus dari membeli rumah secara cash adalah Anda tidak perlu menyiapkan persyaratan tambahan yang dibutuhkan untuk mengajukan KPR. Total dana yang Anda keluarkan juga hanya sejumlah harga rumah ditambah pajak dan biaya notaris. Secara umum, biaya yang perlu dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan membeli secara KPR.

↑ BACK TO THE TOP ↑